Back to Archive

SEKELUMIT KISAH SEJARAH KOPI INDONESIA | Coffeepedia #02

Sejarah kopi di Indonesia bermula pada tahun 1696, dimana pada saat itu Belanda melalui VOC mendatangkan kopi ke pulau Jawa untuk dibudidayakan. Setelah beberapa kali gagal membudidayakan tanaman kopi, kali ini kopi tumbuh subur di Pulau Jawa, dan pada akhirnya VOC membuka perkebunan-perkebunan lain di seluruh wilayah Hindia Belanda, seperti Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor, dan pulau-pulau lainnya.

IMG_8693 x

Bibit kopi pertama yang ditanam di Indonesia didatangkan dari Malabar, India yang dibawa langsung oleh pimpinan kapal dagang Belanda, Adrian van Ommen, yang berjenis arabika dan ditanam di Batavia (Jakarta). Akan tetapi, bibit-bibit tersebut gagal tumbuh akibat bencana banjir dan gemba bumi yang melanda kala itu.

Dengan berkembangnya kopi di Indonesia, kopi menjadi komoditas andalan VOC. Penjualan kopi Indonesia meledak hingga diatas penjualan kopi di Mocha, Yaman. Belanda pun akhirnya memonopoli pasar kopi dunia pada waktu itu, melalui produksi dari perkebunan-perkebunan kopi yang ada di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Masyarakat Eropa bahkan lebih familiar dengan istilah “cup of Java” atau secangkir Jawa untuk menyebut kopi. Jika kalian tahu tentang java programmer, nama itu terinspirasi dari kopi jawa loh, lambangnya pun secangkir kopi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive
Open chat
Terimakasih telah menghubungi kami. Silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut