Back to Archive

Roasting Kopi, Pentingkah?

Salah satu proses terpenting dalam mengolah kopi adalah roasting (menyangrai kopi). Roasting bukan sekedar memanggang kopi. Roasting sangat menentukan rasa yang ada pada biji kopi dan di tangan roasterlah rasa kopi dapat diatur sedemikian rupa sesuai selera. Jika di buat prosentase 30% kopi nikmat ada di tangan rostery, 60% proses dikebun (petani) dan 10% saat proses seduh (barista). Bisa dikatakan roastery adalah jembatan antara petani ke coffee shop atau ke barista.

Jadi posisi roastery cukup berpengaruh bukan? Nah, bicara soal roasting tentu tak bisa dipisahkan dengan alatnya atau yang lebih umum disebut mesin roasting. Dulu, mesin ini harganya sangat mahal. Hanya roastery besar yang mampu membeli. Kini, makin banyak enginer-enginer lokal yang bisa membuat mesin roasting dengan harga yang terjangkau. dan kualitasnyapun tak perlu diragukan lagi. Tentu hal ini akan berdampak positif pada pertumbuhan industri kopi domestik. Dan yang lebih membanggakan sekarang kita tak perlu minder jika head to head dengan roastery-roastery luar negeri.

Video diatas adalah liputan singkat saat kami berkunjung ke Noor Coffee Roaster. Bagi temen-temen yang akan belajar mengenai roasting dan industri roastery bisa mengintip video diatas. Tetep stay tune di chanel ini ya karena akan kami share video-video penting lainnya.
Semoga video ini dapat bermanfaat. selamat menonton!!

Salam

Thxs to mas kusnandar & Noor Coffee Roaster
Copyright by. www.coffeetalk.id
Supported by. Bintangpagi Production | www.bintangpagi.com

Share this post

Comment (1)

  • Fiank Reply

    bagi ilmu bang untuk cara roasting,

    June 16, 2019 at 4:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive