Back to Archive

Roasting Kopi EPS 02, Level Roasting dan Karakter Rasa Kopi

APA ITU LEVEL ROASTING

Level roasting adalah tingakatan kematangan biji kopi dalam proses roasting, yang biasa di identifikasi  dengan melihat warna dari roast bean itu sendiri. Jika kita melihat pada kemasan roastbean, selain tanggal roasting biasanya juga tercantum level roasting yang umumnya berada pada level light sampai dark. Ada juga beberapa roaster yang hanya memberikan informasi roast beannya untuk diseduh filter atau espresso. Umumnya untuk filter biasanya berada pada level light sampai medium, sedangkan untuk espresso level roastingnya medium to dark sampai dark.

Berbicara roasting untuk filter dan espresso menurut pendapat saya ini tidak hanya mengacu pada level roasting, akan tetapi lebih ke profile roasting. Jadi filter roast atau espresso roast itu sebenarnya adalah profile roasting, karena sejatinya gak melulu kopi medium to dark atau dark roast tidak cocok untuk filter, begitu juga sebaliknya light roast atau medium roast tidak menutup kemungkinan sangat cocok untuk dibuat espresso pada kopi-kopi tertentu. Lebih jauh tentang profile roasting nanti akan kita bahas pada video selanjutnya, karena kali ini kita akan membahas tentang level roasting dulu.

TINGKATAN LEVEL ROASTING

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas secara umum tingkatan level roasting ada tiga yang utama, yaitu light, medium, dan dark.

LIGHT ROAST ditandai dengan warna roastbean yang masih coklatmuda, belum ada minyak yang keluar, dan biasanya diroasting dalam waktu yang singkat atau pada suhu rendah. Light roast bisa didapat ketika first crack belum terjadi, atau ketika terjadi first crack roast bean langsung dikeluarkan.

Berikutnya adalah MEDIUM ROAST, ditandai dengan warna coklat tua, munculnya sedikit minyak kopi pada roast bean, dan yang terakhir adalah DARK ROAST dimana warna roast bean coklat gelap atau cenderung hitam dan minyak kopi banyak yang muncul. Disela ketiga level roasting tersebut juga biasa digunakan oleh para roaster yaitu light to medium, yaitu diantara light dan medium, serta medium to dark, yaitu antara medium dan dark roast.

LEVEL ROASTING dan KARAKTER RASA

Level roasting sangat-sangat berpengaruh terhadap karakter rasa. Selain karakter single origin itu sendiri, level roasting juga harus diperhatikan dalam memilih roast bean yang akan kita beli.

Pada light roast, karakter yang muncul sangat ringan, acidity lebih dominan, lebih menyerupai teh, lebih dominan aroma floral, dan terkadang sedikit grassy/nutty. Pada level inilah bisa didapatkan rasa sebenarnya dari sikopi itu sendiri, atau istilahnya cultivar flavor.

Pada medium roast acidity dan body seimbang, karakter rasa yang muncul lebih intens daripada light roast. Pada medium roast hampir semua karakter kopi bisa dimunculkan, sehingga tak heran jika kebanyakan roaster menggunakan level roasting ini pada roastingan dasarnya

Yang ketiga adalah dark roast, dimana body lebih dominan, acidity yang hampir tidak muncul karena tertutup oleh rasa bitter. Biasanya hasil seduhan kopi dark roast diperuntukan dengan campuran susu atau krimmer.

Untuk level roasting light to medium dan medium to dark tentunya karakternya diantara masing-masin level roasting yang sudah dijelaskanya.

LEVEL ROASTING DAN KAFEIN

Level roasting juga mempengaruhi akan kadar kafein yang ada pada kopi, dimana pada level roasting yang lebih rendah kadar kafein lebih tinggi daripada level roasting yang lebih gelap. Akan tetapi, menurut saya jika kopi sudah menjadi minuman dan disajikan dalam secangkir kopi hal tersebut (kadar kafein) tidak akan berpengaruh banyak. Kenapa? Karena dengan jumlah gramasi yang sama, diperlukan jumlah biji kopi yang berbeda pada level roasting light dan dark. Misalnya untuk mendapatkan 10gr kopi light roast dibutuhkan 100 biji kopi, maka untuk mendapatkan 10gr kopi dark roast dibutuhkan 130 biji kopi. Jadi sebenarnya kadar kafein yang terkandung pada 10gr kopi light roast dan 10gr kopi dark roast tidak jauh berbeda.

Nah itu tadi sharing kami tentang level roasting, semoga bermanfaat buat kalian semua, sehingga kedepan kalau memilih kopi bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, terutama untuk kopi dengan level roasting yang berbeda. Sampai ketemu divideo selanjutnya, tentunya masih sharing seputar roasting kopi. #SalamNgopi

Share this post

Back to Archive