Back to Archive

ROASTING BUKAN SEKEDAR MENYANGRAI, TAPI JUGA MEMBENTUK RASA | Roasting Lesson #02

Proses roasting adalah pintu gerbang kita dalam menikmati secangkir kopi. Dari proses ini diciptakanlah rasa, aroma, dan juga body dari secangkir kopi yang akan kita nikmati. Dengan menggunakan mesin roasting kopi, greenbean diubah dari yang semula tanpa rasa menjadi kaya rasa. Proses roasting menciptakan banyak sekali proses kimia yang melibatkan banyak senyawa, dan dari proses ini akan muncul berbagai macam rasa nikmat yang akan hadir disetiap cangkir kopi kita.

Roasting Machine

Secara sederhana roasting hanyalah memanaskan biji kopi mentah pada suhu tertentu hingga berubah warna, bentuk dan aroma. Akan tetapi, sejatinya tujuan utama meroasting kopi adalah mengoptimalkan rasa dari senyawa kimia kopi, dengan memberikan energi panas. Zat-zat yang ada pada kopi setelah diroasting diharapkan bisa lebih mudah terlarut ketika diseduh, yang akan menciptakan rasa, aroma, dan juga body dari secangkir kopi itu sendiri. Untuk mendapatkan biji kopi sangrai yang nikmat tentunya kualitas greenbean harus diperhatikan.

Red Cherry Coffee

Greenbean atau kopi mentah adalah biji dari buah atau ‘cherry’ kopi. Sama seperti biji-bijian lainnya, greenbean mempunyai tekstur yang masih lembut dan kenyal serta beraroma dedaunan. Warna dari biji kopi ini memang cenderung hijau (walaupun tidak semua, tergantung proses paska panen). Greenbean didapat dari ‘cherry’ kopi melalui proses paska panen, yang meliputi pencucian, fermentasi, pengeringan, dan juga pengupasan.

Red Cherry Coffee

Kandungan yang ada pada greenbean sangat beragam, antara lain gula yang didominasi sukrosa, lipid, protein, alkaloid: kafein dan trigonelin, asam organik, gas dan juga senyawa aromatik. Masing-masing kandungan itu memberikan efek tertentu pada kopi, misalkan lipid yang memberikan kontribusi body pada kopi, serta asam organik yang memberikan kontribusi rasa atau flavor pada kopi Dengan mengetahui kandungan-kandungan yang ada pada kopi kita jadi tahu darimana sumber aroma maupun rasa yang ada pada secangkir kopi yang kita nikmati setiap harinya. Sedikit rumit memang mempelajari struktur kimia dan susunan senyawa apa saja yang ada pada biji kopi, akan tetapi ini menjadi penting ketika kita akan melakukan coffee roasting. Paling tidak, kita bisa membedakan mana biji kopi dan mana biji kacang hijau..

Share this post

Back to Archive