Back to Archive

Pengetahuan Dasar Roasting Kopi | Basic-01

Coffee roasting atau menyangrai kopi merupakan satu proses ajaib dalam rangkaian panjang didunia kopi, dimana dalam proses ini akan dibentuk notes-notes dari kopi itu sendiri, seperti aroma, flavor, body, dan juga aftertaste. Secara persentase, roasting berpengaruh sekitar 30% dalam menentukan hasil akhir kopi, dengan asumsi 60% ditentukan dikebun dan 10% saat brewing.

Meskipun menyangrai kopi terdengar sepele dimana biji kopi hanya dipanaskan sampai berwarna kecoklatan, akan tetapi untuk mengeluarkan karakter terbaik dari kopi itu sendiri tidak semudah kelihatannya. Banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menyangrai kopi agar hasilnya maksimal.

Video diatas membahas hal-hal dasar sebelum meroasting.
Jadi, tanggung jawab besar ada ditangan setiap roaster, dimana biji kopi mentah yang telah tumbuh dan melewati proses panjang kurang lebih satu tahun, akan ditentukan dalam waktu kurang lebih 8 – 12 menit. Akan tetapi melalui tangan-tangan cekatan seorang roaster pula diciptakannya aroma-aroma wangi dari biji kopi, dan juga rasa-rasa yang beraneka macam. Bagaikan seorang mpu yang menciptakan keris pusaka, bisa dikatakan apa yang dilakukan seorang roaster adalah menciptakan keajaiban pada biji kopi.

Nah, bagi temen-temen yang ingin belajar lebih lanjut tentang roasting bisa komen dibawah ini. nti akan kami share tentang tehnik Roasting dan seterusnya

yang ingin belajar kopi lebih lanjut bisa subscribe https://www.youtube.com/channel/UCd-ckR3AHNDvJ8B_RxTLYfA

Video Roasting lainnya https://www.youtube.com/watch?v=fICWLDu8I3g

Instagram http://www.instagram.com/coffeetalksurabaya

Share this post

Comments (2)

  • Abu Ghorib Reply

    Saya Mau Belajar.
    Terimakasih

    June 30, 2018 at 8:53 am
  • Abu Ghorib Reply

    Saya mau Belajar

    June 30, 2018 at 8:54 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive