My Blog

APRESIASI KOPI DI AKHIR TAHUN 2018, DESA TAJI – BROMO

APRESIASI KOPI DI AKHIR TAHUN 2018, DESA TAJI – BROMO

Sebagai seorang coffee eunthiast, saya tidak hanya sekedar mencicipi kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Saya juga acap kali menanyakan bagaimana cara menyeduhnya baik kepada barista maupun sang empunya. Dari sekedar obrolan cara menyeduh kopi dengan berbagai teknik hingga cara tanam bibit kopi itu sendiri. Obrolan tentang kopi selalu menarik perhatian saya, hingga beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti acara menanam biji kopi di desa Taji, Kab. Malang yang juga bertepatan dengan pergantian tahun baru 2019. Di tahun 1970-1990 desa taji, kab malang merupakan penghasil kopi dengan kualitas baik. Sayangnya hal itu mulai bergeser dengan masyarakat yangg enggan menanam biji kopi dan lebih memilih untuk menanam sayur yang memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi. Berawal dari kegelisahan seorang bintara pembina desa atau yang biasa disebut babinsa, di awal tahun 2011 pak Heru menanam bibit kopi di lahannya sendiri. Mendapat sambutan baik dari masyarakat, kini mulai banyak masyarakat Continue reading “APRESIASI KOPI DI AKHIR TAHUN 2018, DESA TAJI – BROMO”

Kopi Arabica Bromo Tengger | Aroma Rempah khas kopi Jawa Timur

Kopi Arabica Bromo Tengger | Aroma Rempah khas kopi Jawa Timur

REVIEW KOPI INDONESIA | ARABICA BROMO TENGGER
Siapa yang tidak kenal dengan gunung Bromo yang sudah terkenal sampai ke mancanegara? Tapi tahukah anda kalau di daerah Bromo terdapat kopi yang sangat nikmat dengan cita rasa yang khas? Berdasarkan catatan sejarah, di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Sapikerep yang berada di kaki gunung bromo, dahulu merupakan pusat perkebunan kopi, Continue reading “Kopi Arabica Bromo Tengger | Aroma Rempah khas kopi Jawa Timur”

Seorang Roaster harus berani Nakal | Catatan Kecil Seorang Roaster

Apakah kamu tertarik dengan kegiatan menyangrai kopi? atau ingin mengetahui seluk beluknya secara mendetail? Bagaimana seharusnya seorang Roaster yang kreatif dan inisiatif? atau bagaimana agar seorang Roaster mempunyai  ciri khas saat mendevelop sebuah kopi? Maka saatnya untuk bermain-main dengan sedikit “NAKAL” dan melanggar pakem-pakem yang ada. Yup, breaking the rules! Let’s play with logic!!

MITOS PROFIL ROASTING SEMPURNA

Ketika saya memulai meroasting, saya menghabiskan berjam-jam, banyak batch yang keluar masuk drum mesin roasting, bahkan berminggu-minggu hanya untuk menemukan profil roasting yang sempurna untuk single origin tertentu. Sampai pada suatu saat, setelah berkilo-kilo green bean dihabiskan, saya kembali berpikir dari hal yang paling mendasar. Profil roasting yang sempurna itu seperti apa? Jujur sampai saat ini saya tidak tahu, dan bahkan menganggap mungkin tidak ada profil roasting yang sempurna.

Dalam meroasting kopi, ada banyak variable. Kadar air, ketinggian tanam kopi yang biasanya berdampak pada densitas, mesin roasting yang kita pakai, Continue reading “Seorang Roaster harus berani Nakal | Catatan Kecil Seorang Roaster”

Mengulik Aeropress bersama Oncil dalam Kelas Kopi Bayar Buku #11

Kelas Kopi Bayar Buku sesi #11 kali ini akan membahas tentang cara menyeduh kopi menggunakan Aeropress. Kelas ini sudah pernah kami bahas di sesi ketiga hanya saja kali ini ada yang berbeda dari kelas sebelumnya. Kelas kali ini akan di pandu oleh seorang Barista Kece mas Oncil @5xsehari_ yang pada kompetisi Aeropress Indonesia kemarin masuk 27 besar nasional. 

Aeropress adalah salah satu alat seduh manual kopi yang mengandalkan tekanan/press pada proses ekstraksinya. Selain itu, banyak juga variabel lain dan juga metode yang bisa diulik dalam menyeduh dengan aeropress, sehingga dalam waktu singkat banyak penggemar kopi yang menyukainya sampai muncul kejuaraan menyeduh kopi dengan aeropress tingkat dunia setiap tahunnya. Continue reading “Mengulik Aeropress bersama Oncil dalam Kelas Kopi Bayar Buku #11”

Mengenali Biji Kopi untuk Kompetisi IAC Sutos Versi Official Roastbean HD

Dalam sebuah kompetisi menyeduh kopi, pastinya ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh peserta, dan yang paling penting dan paling ditunggu-tunggu oleh peserta adalah tentang ketentuan biji kopi apa yang akan dipakai. Biji kopi yang dipakai untuk kompetisi akan sangat mempengaruhi apa yang harus dilakukan oleh peserta dalam menyeduh kopi.
Padagelaran Indonesia Aeropress Championship East Regional 2018 yang diselenggarakan akhir bulan Juni kemaren, kami sempat ngobrol dengan panitia, juri, Continue reading “Mengenali Biji Kopi untuk Kompetisi IAC Sutos Versi Official Roastbean HD”

Pesta Kopi mandiri 2018 (IAC 2018) Regional Timur

Pesta Kopi mandiri 2018 Regional Timur di Surabaya

Pada tanggal 28-29 Juli 2018 kemarin telah diadakan acara pesta kopi mandiri, dimana juga dilangsungkan Indonesia Aeropress Championship untuk regional timur yang bertempat di Sutos, Surabaya. Diikuti oleh 108 peserta dari wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua acara kali ini berlangsung sangat meriah. Dari 108 peserta akan diambil 54 peserta yang akan bertanding pada acara final Continue reading “Pesta Kopi mandiri 2018 (IAC 2018) Regional Timur”

Legenda Kopi Tubruk, Mitos atau Fakta?

Legenda Kopi Tubruk, Mitos atau Fakta?

Orang Indonesia mana yang tidak kenal kopi tubruk? Saya yakin hampir 99 persen masyarakat penikmat kopi pernah meminum kopi tubruk. Yah kopi dengan sajian dan cara seduh yang paling sederhana. Akan tetapi tahukah kamu kalau banyak mitos-mitos negatif tentang kopi tubruk sehingga anggapan bahwa kopi tubruk itu kuno, pahit, ga clean atau macam-macam lah. Itu semua mitos atau fakta? Padahal kopi tubruk sudah menjadi identitas ngopi di Indonesia sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam. Lantas kenapa kopi tubruk semakin terpinggirkan ditengah maraknya cara seduh modern? Trus kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengulik tradisi yang Continue reading “Legenda Kopi Tubruk, Mitos atau Fakta?”

Kelas Kopi bayar Buku #10 | Legenda Kopi Tubruk

Pernah minum kopi Tubruk? apa yang kamu ketahui tentang kopi Tubruk? Ada anggapan bahwa kopi tubruk itu kuno, kopi tubruk itu pahit, gak bisa clean, dan banyak anggapan negatif lainnya. Benar gak sih? Fakta atau hanya mitos? Padahal kopi tubruk sudah menjadi identitas ngopi di Indonesia sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam. Lantas kenapa kopi tubruk semakin terpinggirkan ditengah maraknya cara seduh modern?

Berbicara tentang kopi di Indonesia, tak bisa dilepaskan dari yang namanya kopi tubruk. Continue reading “Kelas Kopi bayar Buku #10 | Legenda Kopi Tubruk”

Roasting Kopi EPS 02, Level Roasting dan Karakter Rasa Kopi

APA ITU LEVEL ROASTING

Level roasting adalah tingakatan kematangan biji kopi dalam proses roasting, yang biasa di identifikasi  dengan melihat warna dari roast bean itu sendiri. Jika kita melihat pada kemasan roastbean, selain tanggal roasting biasanya juga tercantum level roasting yang umumnya berada pada level light sampai dark. Ada juga beberapa roaster yang hanya memberikan informasi roast beannya untuk diseduh filter atau espresso. Umumnya untuk filter biasanya berada pada level light sampai medium, Continue reading “Roasting Kopi EPS 02, Level Roasting dan Karakter Rasa Kopi”