Back to Archive

Mengulik Aeropress bersama Oncil dalam Kelas Kopi Bayar Buku #11

Kelas Kopi Bayar Buku sesi #11 kali ini akan membahas tentang cara menyeduh kopi menggunakan Aeropress. Kelas ini sudah pernah kami bahas di sesi ketiga hanya saja kali ini ada yang berbeda dari kelas sebelumnya. Kelas kali ini akan di pandu oleh seorang Barista Kece mas Oncil @5xsehari_ yang pada kompetisi Aeropress Indonesia kemarin masuk 27 besar nasional.

Aeropress adalah salah satu alat seduh manual kopi yang mengandalkan tekanan/press pada proses ekstraksinya. Selain itu, banyak juga variabel lain dan juga metode yang bisa diulik dalam menyeduh dengan aeropress, sehingga dalam waktu singkat banyak penggemar kopi yang menyukainya sampai muncul kejuaraan menyeduh kopi dengan aeropress tingkat dunia setiap tahunnya.

Aeropress diciptakan oleh Alan Adler, yang merupakan direktur perusahaan Aerobie yang memproduksi produk mainan untuk olahraga. Alan adalah orang yang berjasa menciptakan Aeropress. Didasari kecintaannya pada kopi, Chemex menjadi alat seduh favorit Alan sebelumnya.  Hal yang dikeluhkan Alan pada chemex adalah waktu brewing yang terlalu lama, harus menunggu tetes demi tetes. Berdasarkan hal itulah Alan Adler menciptakan Aeropress seperti yang sekarang kita gunakan. Alan mengklaim Aeropress dapat menghasilkan kopi sekuat espresso, dengan acidity lebih menonjol dari pour over, dan yang pasti waktu seduh yang lebih singkat.

Bagian-bagian Aeropress

Aeropress terdiri dari 2 bagian utama, yaitu body/tabung/chamber dan bagian penekan/plunger. Selain 2 bagian utama, ada beberapa part dari aeropress filter cap, seal, paper filter, stirrer, funnel dll.

Cara Menyeduh menggunakan Aeropress. Nah ini yang kami share di kelas kopi bayar buku #11, jadi sembari menunggu kelas berlangsung temen-temen bisa download materinya disini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive