Back to Archive

Mengenal Jenis-Jenis Ekstraksi Kopi | Brewing Experience #03

Menyeduh kopi atau mengekstraksi kopi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah bisa langsung menyiram air pada kopi yang sudah dimasukkan kedalam gelas. Akan tetapi, untuk mengoptimalkan citarasa dari sebuah kopi, ada beberapa jenis ektraksi yang biasa dipakai untuk menyeduh kopi.

Kopi Tubruk Terbalik

Kali ini kami akan sharing tentang jenis atau cara yang biasa dilakukan dalam ekstraksi kopi. Sebenarnya jenis-jenis ekstraksi ini juga bisa dilakukan pada saat mengekstraksi bahan-bahan lain, tidak hanya pada kopi, misalnya pada saat membuat santan yang merupakan ekstraksi dari buah kelapa. Akan tetapi kali ini kami akan sharing tentang jenis ekstraksi pada kopi, bukan ekstraksi pada kelapa hehe.

  • Immersion atau Rendam

Immersion adalah metode pelarutan/ekstraksi kopi dengan cara merendamnya dengan air saja sehingga terjadi kontak penuh sepanjang proses penyeduhan. Immersion atau rendam adalah metode paling tua dalam mengekstraksi kopi, kalau di Indonesia disebutnya Tubruk. Metode ini termasuk cara paling sederhana untuk menikmati secangkir kopi karena kita hanya membutuhkan air panas dan bubuk kopi. Secara umum dari karakteristik rasa yang didapat dari metode ini akan cenderung lebih strong dan berisi (round body).

Kopi Tubruk

Selain tubruk, ada juga beberapa alat seduh manual yang menggunakan metode immersion, seperti frenchpress dan clever dripper. Menyeduh dengan aeropress secara inverted juga menggunakan immersion loh sebelum dibalik dan dipress. Dengan mengetahui metode yang digunakan saat ekstraksi, kita akan lebih mudah dalam mengulik variabel yang lain .

IMG_3089x
  • Perkolasi

Perkolasi adalah teknik membuat larutan dengan cara mengalirkan pelarut, dalam hal ini air,  melewati zat zat yang akan dilarutkan, yaitu kopi sehingga menghasilkan sebuah larutan kopi. Mudahnya seperti ini, pada teknik perkolasi, air dialirkan melalui kopi yang sudah digiling. Perkolasi biasa ditemukan pada alat seduh pour over maupun drip, salah satunya seperti alat seduh pada foto diatas, koka dripper namanya. Koka dripper ini salah satu alat  yang cukup unik, karena bisa menggunakan tiga jenis kertas filter, filter V60, flat bottom, dan juga wave dripper tentunya dengan hasil seduhan yang berbeda.

Koka Dripper

Hario V60, Chemex, Kalita, Kono, dan dripper-dripper lainnya juga menggunakan teknik perkolasi dalam mengekstraksi kopi. Espresso pun juga sama, hanya saja ditambahkan tekanan atau pressure untuk membantu melarutkan zat-zat yang ada pada kopi.

Hario V60 02 White
  • Dekoksi

Dekoksi merupakan salah satu teknik ekstraksi yang jarang ditemui dalam menyeduh kopi. Dekoksi sendiri mempunyai beberapa macam pengertian yang berbeda, ada yang mengatakan dekoksi sama dengan immersion akan tetapi diikuti dengan kenaikan suhu, ada juga yang mengatakan dekoksi adalah ekstraksi yang menggunakan tekanan. Mimin menemukan sebuah buku karya Harborne terbitan tahun 1973, dengan judul phytochemical methods, dimana dalam buku tersebut menjelaskan tentang arti dekok, yaitu ekstraksi dengan pelarutan air pada temperatur 90C selama 30 menit. Penguapan ekstrak larutan dilakukan dengan penguap berpusing dengan pengurangan tekanan, yaitu rotary evaporator sehingga diperoleh ekstrak yang kental. Dengan berbagai macam pengertian tersebut cara seduh yang masuk kedalamnya antara lain Turkish, mokapot dan juga shyphon.

Shypon 01

Well, tehnik seduh manual masih akan terus berevolusi. Hal ini bisa dilihat dari semakin beragamnya alat seduh dan cara seduh yang berkembang diantara para penikmat kopi. Jenis atau cara ekstraksi kopi yang kami sebutkan diatas hanya beberapa saja, masih banyak lagi alat-alat dan tentunya teknik yang lain. Hal inilah yang membuat kami semakin jatuh cinta dengan kopi, semakin diulik malah semakin cinta. Selain rasanya yang memiliki karakter tersendiri dari tiap origin, teknik dan cara seduh nya pun juga bisa memberi kontribusi pada karakter rasa kopi yang disajikan. Jadi, jangan pernah bosan untuk mengulik ya. Salam Ngopi

Penulis : @mothisme

Editor : Tim CoffeeTalk.id

Share this post

Back to Archive