Back to Archive

KOPI NONGKOJAJAR, AROMA ASAM KHAS JAWA | REVIEW KOPI

REVIEW KOPI ARABIKA NONGKOJAJAR

Nongkojajar merupakan daerah penyangga wisata Gunung Bromo. Secara administratif Nongkojajar masuk wilayah kabupaten Pasuruan. Daerah ini memiliki tanah yang sangat subur dengan perbukitan dan pemandangan yang indah. Dengan ketinggian sekitar 1000mdpl, daerah Nongkojajar sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi. Maka tidak heran jika hampir semua petani memiliki pohon kopi, baik yang ditanam pada lahan besar maupun kopi yang ditanam di pekarangan rumah. Kopi dari daerah Nongkojajar tidak banyak yang tahu, karena memang sebagian besar kopi yang ada disini tidak dijual dengan identitas aslinya. Sebagian besar petani menjual ketengkulak di Jember dan Malang. kemudian kopi dijual kembali ke daerah lain, sehingga masyarakat  tidak mengenal kopi Nongkojajar.

Pada awal tahun 2016, kami bertemu dengan salah satu petani di Nongkojajar, dimana saat itu juga kebetulan kami mendapatkan lahan di Nongkojajar untuk kebun kami, dan akhirnya kami bekerja sama dengan petani kopi disana untuk mengembangkan kopi yang ada disana. Pada akhirnya, setelah dilakukan perbaikan pada sistem tanam, pemupukan yang hanya menggunakan pupuk organik serta proses paska panen, pada tahun ini kami mendapatkan hasil panen dengan kualitas yang lebih baik.

Untuk kopi jenis Arabika Nongkojajar, mempunyai karakter yang unik dengan cita rasa buah asam jawa. Jika sebagian besar kopi yang berasal dari jawa timur mempunyai keasaman yang tidak terlalu tinggi, arabika Nongkojajar mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi, dengan after taste clean serta body yang cenderung light.

ARABICA NONGKOJAJAR
Origin Nongkojajar, Pasuruan
Type Arabika
Variety Multi variety
Ketinggian Tanam 1100 mdpl
Proses Paska Panen Full Wash
Cupping Note Light body, High Acidity, Fruity, Tamarind

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive