Back to Archive

Kisah Asal Muasal Kopi | Coffeepedia #01

Buah kopi, sejatinya berasal dari tanaman kopi yang tumbuh liar dihutan. Buah kopi atau biasa disebut cherry kopi, akan berwarna merah jika sudah matang. Dan jika dimakan rasanya memang manis, Jika dulu kambing-kambing gembalaan dari khaldi tidak memakan buah ini, mungkin kita tidak akan merasakan kopi seperti yang biasa kita minum saat ini. Yup, menurut kisah penemuan kopi, yang pertama kali mengkonsumsi kopi adalah kambing.

Red Cherry Coffee

Pada jaman dahulu di Ethiopia hiduplah seorang penggembala kambing bernama Khaldi. Pada suatu hari Khaldi ketiduran saat menggembalakan kambingnya, dan kambingnya masuk ke hutan. Menjelang sore Khaldi terbangun dan membawa kambing-kambingnya kembali kekandang. Saat malam tiba Khaldi heran melihat kambing-kambingnya bersikap tidak biasa, dimana kambing-kambingnya tetap terjaga dan berlari-larian sepanjang malam. Khaldi teringat saat kambingnya masuk ke hutan, memakan buah buah berwarna merah dari tanaman yang tumbuh liar didalam hutan. Keesokan hari Khaldi mencoba mencari dan memakan buah tersebut dan benar dia semakin bertenaga dan mampu terjaga sepanjang malam. Wow! Sontak si Khaldi terkejut dan menyebarkan kabar ini keseluruh desa.

Kebiasaan ini kemudian terus berkembang dan menyebar ke berbagai negara di Afrika, namun metode penyajiannya masih menggunakan metode konvensional (dimasak campur dengan makanan). Barulah beberapa ratus tahunkemudian, biji kopi ini dibawa melewati Laut Merah dan tiba di Arab dengan metode penyajian yang lebih maju, karena pada waktu itu bangsa arab sudah memiliki peradaban yang lebih maju daripada bangsa Afrika

Ethopia Afrika

Selain legenda tentang Khaldi dan kambingnya, ada satu lagi legenda tentang asal mausal kopi, yaitu tentang seorang tabib dan sufi di kota Mocha, Yaman, yang bernama Ali bin Omar al Shadhili. Omar terkenal sebagai tabib handal yang bisa menyembuhkan penyakit dengan memadukan tindakan medis dan do’a. Namun sepak terjang Omar tidak disukai oleh penguasa lokal. Dengan berbagai intrik Omar digosipkan bersekutu dengan setan untuk menyembuhkan pasiennya. Akhirnya masyarakat kota Mocha mengusir Omar ke luar kota.

Setelah terusir dari kota, Omar berlindung di sebuah gua yang ia temukan dalam perjalanan. Ia mulai kelaparan dan menemukan buah beri berwarna merah. Omar memakan buah itu untuk mengusir rasa laparnya. Karena rasanya pahit, ia mulai mengolah buah itu dengan cara memanggang dan merebusnya.

Namun biji kopi yang telah diolah Omar tetap tidak bisa dimakan. Ia pun hanya bisa meminum airnya. Tak disangka air yang ia minum memberikan kekuatan ekstra. Singkat cerita, air seduhan yang dibuat Omar mulai terkenal. Banyak orang yang memintanya kepada Omar, hingga fenomena ini terdengar penguasa kota. Kemudian Omar dipanggil kembali untuk tinggal di kota. Obat mujarab berupa cairan hitam tersebut disebut dengan nama Mocha.

Manual Brew Coffee

Dua legenda diatas merupakan kisah yang berkembang dari jaman ke jaman, tidak ada literasi pasti tentang kisah tersebut. Sedangkan berdasarkan catatan beberapa literasi yang kami baca, menyebutkan tanaman kopi berasal dari Abyssinia, sebuah nama daerah di Afrika yang saat ini mencakup wilayah Negara Ethiopia. Masyarakat Ethiopia mulai mengkonsumsi kopi pada abad ke-9, akan tetapi tidak banyak diketahui bagaimana cara masyarakat setempat mengolahnya. Kopi sebagai minuman seperti yang kita kenal saat ini, bermula dari bangsa Arab pada abad ke 15. Biji kopi dari Ethiopia dibawa oleh pedagang Arab ke Yaman dan mulai diperdagangkan sebagai komoditas.

Mokapot Coffee

Pada masa itu, kopi sangat popular dikalangan para peziarah sebagai minuman penambah energi dan pengusir rasa ngantuk untuk menemani ibadah dimalam hari. Istilah kopi juga berawal dari bahasa Arab, yaitu ‘qahwa’ yang berarti kekuatan. Karena peradaban bangsa Arab yang lebih maju, bangsa arab mampu mengembangkan kopi dan memonopoli perdagangan biji kopi yang dikendalikan melalui pelabuhan Mocha, disebuah kota di Yaman. Dari pelabuhan ini kopi diperdagangkan keseluruh dunia. Pada masa itu Mocha merupakan satu-satunya gerbang lalu-lintas perdagangan kopi, sampai-sampai kopi dikenal juga dengan sebutan Mocha.

Habitat asli kopi adalah di hutan tropis. Dari hutan hingga akhirnya sampai ke cangkir kopi tentunya melalui proses yang sangat panjang. Sejak ribuan tahun yang lalu kopi terus berevolusi hingga sampai saat ini menjadi minuman yang selalu menemani keseharian kita. Apa yang kami sampaikan dalam artikel kali ini hanya sekelumit kisah awal munculnya kopi, kedepan kami akan sharing tentang pengetahuan-pengetahuan lain tentang kopi, tentunya masih dalam konten coffeepedia. #salamngopi

Penulis : @mothisme
Editor : Tim CoffeeTalk.id

Share this post

Back to Archive