Back to Archive

Kelas Kopi Gratis #5 | How To Make Espresso with Red Presso

Kelas Kopi Gratis | Menyeduh Kopi dengan Red Presso | How to Brew Coffee with Red Presso

Kelas seduh manual #5 kali ini akan membahas tentang espresso. Espresso adalah basic minuman dari olahan kopi. tapi tidak banyak orang yang memahami bagaimana membuat espresso yang baik dan benar. Dalam kelas kali ini akan dibahas seluk-beluk tentang espresso oleh mas Alan, Barista dan Chef dari @dapur_athar_sub

Kelas kali ini tidak ada pembelian roastbean, kami menyediakan roastbean secara gratis (khusus untuk praktek peserta). Bagi yang ingin membeli kemasan roastbean kami tetap menyediakan seperti kelas-kelas sebelumnya.

Ketika mengunjungi Coffee Shop kita akan melihat mesin espresso. Segala minuman berbasis espresso yang kita pesan akan menggunakan mesin espresso untuk menghasilkan ekstrasi biji kopi yang tepat. Kata espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Berbeda dengan manual brewing yang disajikan melalui proses atau tahapan yang cukup lama, mesin espresso dapat mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi.

Berdasarkan standar Specialty Coffee Associationof America (SCAA), Espresso dihasilkan sebanyak 25-35 ml dari 7-9 gram kopi, menggunakan air suhu 88-92°C, bertekanan 9-10atm dalam waktu 22-28 detik. Espresso akan tampak seperti cairan sekental madu hangat dengan busa keemasan (crema) di atasnya. Espresso mengandung lebih dari enam ratus komponen zat kimia yaitu gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspense dengan gelembung gas kecil dan crema.

Di Indonesia penggemar espresso belum sebanyak di luar negri. Berbeda dengan minuman kopi yang diseduh dengan teknik manual brewing atau dengan cara tradisional. Minuman kopi yang berasal dari Italia ini lebih kental dan punya konsentrasi yang lebih tinggi. Kadar kafein yang lebih tinggi membuat espresso disajikan dalam volume yang lebih kecil. Hal tersebut sebanding dengan kopi lain dengan volume lebih besar.

Jadi ketika anda memesan kopi di Coffee Shop, anda tidak akan disajikan espresso melainkan minuman kopi yang berbasis espresso seperti caffèlattecappuccino,caffèmacchiatocafemocha, atau caffèAmericano. Coffee Shop akan memilih mesin espressountuk sajian kopinya. Biasanya memakai mesin espressosemi manual, yang pengaturan waktu brewing dan jumlah airnya menggunakan tombol-tombol digital.

Popularitas espresso semakin naik di penjuru dunia sejak tahun 1980-an. Berbagai macam menu kopi di Coffee Shop divariasikan dengan sirup, whippedcream, susu keledai, dan lain-lain. Coffeeland Indonesia pun menyediakan bahan baku tersebut untuk memvariasikan menu kopi di Coffee Shop anda.

Untuk lebih mengenal jenis-jenis espresso, berikut ini yang perlu anda ketahui:

Espresso Murni

  1. Espressoshot
    Shotsebutan untuk satuan espresso yang biasa digunakan. Untuk espresso satu shot digunakan 25-35 ml, sedangkan doubleshot (doppio) sekitar 45-60 ml. Espressoshot digunakan untuk standar bahan dasar minuman lain. Adapun tripleshot apabila volume kopi yang diinginkan lebih besar. Cara pembuatan espressoshot dengan memanaskan air hampir mendidih hingga uapnya melewati gumpalan padat dari 7-8 gr bubuk kopi yang sudah digiling dengan sangat halus. Kopi akan dihasilkan dalam waktu 20-30 detik dengan hasil yang kental. Cara yang sama untuk doubleshot dengan dua kali kelipatan bubuk kopinya. Espressoshot yang baik menghasilkan crema berwarna gelap dan berbusa banyak.
  2. Ristretto
    Ristretto yang berarti restrictedmempunyai makna 1 dosis kopi untuk membuat espresso diseduh hanya dengan setengah dosis air. Hasilnya adalah cairan kental dengan volume 15-20ml namun dengan rasa yang lebih kaya. Doubleristrettoshot dengan volume 30-45ml biasa digunakan juga sebagai bahan dasar minuman kopi.
  3. Lungo
    Kebalikan dari ristretto, lungo menyeduh 1 dosis kopi dengan 2 dosis air. Hasilnya minuman dengan volume lebih banyak namun konsentasi rasa yang lebih ringan. Lungo sering disamakan dengan Americano karena mirip dari sisi volume.

Terimakasih udah mau berbagi dan sudah terkumpul pula beberapa buku bacaan anak2 yang akan kami sumbangkan ke Taman Baca Anak “Leda Bintang” Probolinggo.. makasih juga pada temen2 pegiat kopi yang udah mau repot2 ngumpulin buku2. Buat mereka buku2 ini akan sangat berharga. Sekali lagi terimakasih atas atensinya.

Salam ngopi,

CONNECT – LEARN – SHARE | www.coffeetalk.id

Video support by. Bintangpagi Production | www.bintangpagi.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive