Back to Archive

Clever Dripper, Alat Seduh Manual “Immersion” yang Berkedok Pour Over [Review]

Meracik kopi secara manual dewasa ini menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Hal ini bisa dilihat dari munculnya berbagai macam alat seduh manual, terutama alat seduh pour over/dripper dengan ciri khas bentuknya yang seperti kerucut/cone. Jika kebanyakan dripper jenis ini menggunakan teknik pour over, ada satu alat yang berbeda, yaitu Clever Dripper. 

Alat Seduh Manual “Immersion” Berkedok Pour Over

Pertama melihat alat seduh ini, banyak yang menganggap alat ini menggunakan cara seduh pour over seperti dripper pada umumnya. Akan tetapi, ketika mengetahui cara seduhnya, kalian akan tahu bahwa alat seduh ini sebenarnya menggunakan teknik full immersion layaknya French press atau kopi tubruk. FYI, ada 3 macam teknikyang biasa digunakan dalam menyeduh kopi, yang salah satunya adalah immersion (merendam kopi dengan air), dua lainnya adalah perkolasi (mengalirkan air melewati bubuk kopi, biasanya menggunakan teknik yang disebut pour over) dan dekoksi (pencampuran kopi dengan air yang melibatkan kenaikan suhu, misalnya pada syphon)

Entah siapa yang pertama kali memberikan nama pada dripper ini “clever”. Mungkin disebut clever karena pandai menyembunyikan kedoknya seperti yang dijelaskan diatas. Selain itu, cara menyaring alat seduh ini cukup “pintar”, cukup letakkan dripper diatas server atau gelas maka katup akan otomatis terbuka dan kopi akan turun dengan sendirinya sembari memisahkan ampas kopi dari larutan kopi.

Cara Seduh Simpel dengan Hasil yang Clean

Immersion atau merendam kopi, adalah cara paling gampang untuk mendapatkan konsistensi dalam menyeduh kopi secara manual, dikarenakan banyak variable yang bisa ditolerir pada cara ini, misal cara tuang air. Berbeda dengan pour over dimana berbeda cara atau teknik menuang air maka akan menghasilkan hasil seduhan yang berbeda. Metode Immersion yang umum ada pada alat seduh French press, akan tetapi dengan French press banyak serbuk-serbuk kopi yang ikut masuk ke gelas, sehingga membuat kita kurang nyaman dalam menikmati kopi. Untuk itu, salah satu solusinya adalah dengan mengunakan clever dripper, yang akan menghasilkan kopi yang lebih clean, karena disaring dengan filter kertas. Dengan menggunakan clever dripper, kamu akan mendapatkan hasil seduhan yang kompleks seperti menggunakan French press, dan juga clean seperti menggunakan alat pour over.

Cara seduh dengan alat ini juga sangan gampang. Seperti umumnya alat seduh yang menggunakan paper filter, disarankan membilasnya terlebih dahulu, agar aroma kertas tidak masuk kedalam hasil seduhan. Letakkan dripper pada permukaan yang rata sehingga kaki terluar dripper yang menumpu badan dripper, sehingga katup tertutup dan air serta kopi akan tertahan didalam dripper.

Selanjutnya cukup menyeduh seperti membuat kopi tubruk. Sesuaikan ukuran giling dengan lamanya waktu seduh, kita ketahui gilingan yang lebih halus akan mempercepat ekstraksi sehingga tidak perlu waktu yang terlalu lama merendam kopi, dan juga sebaliknya. Saya biasa menggunakan ukuran giling medium to fine, sedikit lebih halus daripada V60, dan lama rendaman 4-5 menit. Setelah cukup 5 menit letakkan clever dripper diatas server dan tunggu kopi turun semua kedalam server, lalu kopi siap dinikmati. Yups, sesimpel itu, dan semua pasti bisa menyeduh dengan alat ini, dengan hasil seduhan yang hampir sama.

Satu Alat Dua Fungsi Seduh

Mungkin kalian sempat berfikir bagaimana jika menyeduh menggunakan celver dripper ini tapi dengan meletakkannya diatas server atau gelas, yang berarti katup akan terbuka. Yup, bisa saja dan kamu akan bisa menyeduh dengan pour over. Dengan cara ini tentunya harus disertai dengan penyesuain grind size, dan variable yang lain yang berarti akan menambah sedikit keribetan dalam menyeduh. Grind size harus dibuat lebih halus agar air tidak turun dengan terlalu cepat, atau kamu harus menuang air dengan pelan, atau biasa disebut slow pouring. Hal ini mungkin sudah keluar dari pakem clever dripper itu sendiri dimana clever dripper memang dibuat untuk lebih menyimpelkan untuk menyeduh kopi dengan hasil konsisten, tapi tentu saja tidak ada salahnya bermain-main dengan berbagai macam variabel.

Clever dripper menggunakan bahan plastic free BPA, bukan bahan yang paling tahan lama, tapi setidaknya lebih aman untuk dibawa bepergian, karena tidak akan pecah ketika jatuh atau dimasukkan ke dalam tas bercampur dengan barang-barang lainnya. Clever dripper cocok bagi yang ingin lebih mudah mendapatkan konsistensi dalam setiap seduhannya, tentunya dengan citarasa yang kompleks.

Penulis : Moch. Oni Triono

Sumber : Berbagai media

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive