Back to Archive

Cara Membuat Manual Latte Art

Latte art adalah seni menyiapkan sajian kopi dengan cara menuangkan busa susu kedalam secangkir espresso dan menciptakan suatu pola gambar diaatas permukaan cangkir. 

Latte art adalah seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappuccino dan cafe latte. Seni ini memadukan antara seni dan meracik minuman, cara paling umum adalah menggunakan mesin espresso. Sedangkan Manual Latte Art tanpa menggunakan mesin atau menggunakan alat seduh manual baik kopi maupun susu yang digunakan.

Ada dua jenis latte art yaitu : freepour (menggambar pola langsung pada saat proses penuangan) dan etching (menggambar pola menggunakan alat bantu pensil latte art) 

Perbedaan latte art manual dan menggunakan mesin

Pada dasarnya inti dari latte art adalah mengolah mikro foam susu. Mikro foam susu muncul ketika ada udara yang di masukan kedalam pori-pori susu. Di situlah kita membutuhkan alat bantu seperti : frenchpress, milk froather, ataupun mesin. Yang membedakan manual dan mesin salah satunya adalah harga. Manual sudah pasti lebih ekonomis dan hemat listrik.  Yang kedua adalah, di manual kita lebih dapat mengukur tingkat ketebalan mikrofoam pada susu karena Frenchpress transparan. Yang ketiga, lebih mudah di dapat.

Tapi tidak ada salahnya kita sesekali mencoba menggunakan mesin. Di mesin kita bermain menggunakan uap panas yang di tiupkan kedalam susu untuk memperoleh mikrofoam susu. Ada berbagai tehnik seperti rolling, stretching dan steaming itu semua untuk memperoleh mikrofoam susu yang baik.

Alat dan bahan yang harus di persiapkan

Alat : frenchpress, Milkjug, Cup latte

BAHAN : susu, espresso

Prosses

– Masukan espresso kedalam cup latte

– Panaskansusuhinggamencapaisuhu 60-70 derajat Celsius

– Masukansusu yang sudahpanaskedalam Frenchpress

– Pompa frenchpress hinggamikrofoam pada susumuncul

– Pindahkansusudari frenchpress kemilkjug

– Tuangsusukedalam cup latte

Nah, bagi yang ingin mendownload versi PDF bisa klik disini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Archive